Kamis, 24 Mei 2018

Kata Mutiara Islami Mengenai Keutamaan Bersedekah atau Memberi

Sebagai orang yang beriman, kita disunahkan untuk melakukan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Kamu harus tahu bahwa zakat dan sedekah memiliki makna hukum yang berbeda dalam Islam. Zakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan dan sudah ditentukan besarannya bagi setiap muslim yang telah memenuhi persyaratan, sebab dalam harta kamu tersebut ada sebagian hak untuk orang-orang yang tidak mampu. Namun berbeda dengan zakat, sedekah hukumnya sunah dan besarannya pun tidak ditentukan tergantung dari keikhlasan kita. Ada banyak hadist yang menyebutkan tentang kebaikan sedekah. Bahkan, dalam Al-Quran pun, banyak disebutkan tentang kebaikan dan keburukan jika tidak mau bersedekah bagi hamba Allah yang beriman dan bertaqwa.


Kata Kata Mutiara Islami Mengenai Bersedekah atau Memberi


Orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT
Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)
Jika kamu ingin memiliki harta yang  berlimpah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan melakukan sedekah. Dengan bersedekah di jalan Allah, harta kamu tidak akan berkurang. Justru Allah AWT akan menambah harta kamu menjadi berlipat ganda. Bahkan Dia telah menjamin bahwa tak akan ada orang yang miskin karena menyedekahkan hartanya. Selain mendapatkan harta yang melimpah, orang yang bersedekah juga akan mendapatkan banyak pahala. Jadi, jangan lagi merasa ragu untuk bersedekah karena kamu akan mendapatkan harta yang lebih banyak lagi.
Sedekah bisa menghapuskah dosa-dosa
Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“ – (HR. At-Tirmidzi).
Sedekah memang memiliki banyak keutamaan. Salah satunya ialah bisa menghilangkan dosa-dosa di pemberi sedekah. Namun, tentu saja hal ini harus diimbangi dengan melakukan taubatan nasuha yaitu berjanji tidak akan melakukan dosa-dosa lagi dan bertaqwa kepada Allah SWT dengan melakukan segalah perintahNya sehingga menjauhi laranganNya. Dengan diimbangi hal tersebut, dosa-dosamu akan dihilangkan oleh Allah. Selain itu, pastikan harta yang kamu gunakan untuk melakukan sedekah ialah harta yang halal jauh dari riba.
Bersedekah bisa dengan materi, ilmu, tenaga ataupun senyuman
“Pastikan kita sudah bersedekah hari ini, baik dengan materi, dengan ilmu, tenaga, atau minimal dengan senyuman yang tulus.” – Abdullah Gymnastiar
Seorang Ustad terkenal bernama Abdullah Gymnastiar memberikan gambaran bahwa sedekah bukanlah soal materi saja. Jika selama ini kita mengetahui bahwa sedekah merupakan tindakan melakukan sebagian harta kita kepada orang lain yang lebih membutuhkan, ternyata sedekah tidak hanya meliputi harta benda saja. Bahkan, seseorang yang tidak memiliki harta benda untuk disedekahkan tetap bisa melakukan sedekah dengan cara lain. Misalnya dengan menyedekahkan ilmu dan tenaga. Bisa saja kamu memberikan ilmu pengetahuan dunia maupun akhirat kepada anak-anak yang tidak mampu. Bisa juga kamu menyedekahkan tenaga kamu dengan cara membantu pekerjaan seseorang yang membutuhkan. Jika tenaga, materi, dan ilmu tidak bisa kamu lakukan, hal termudah yang bisa dilakukan ialah bersedekah dengan senyuman. Senyum kepada orang lain sudah merupakan sedekah.
Berilah bantuan kepada janda dan orang miskin
“Orang yang mengusahakan bantuan (pertolongan) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihad di jalan Allah dan ibarat orang shalat malam” – (HR Bukhari)
Apabila kamu ingin mendapatkan pahala yang sangat besar, kamu kamu bisa memberikan bantuan atau pertolongan bagi janda dan orang miskin. Janda ialah seorang perempuan yang tidak bersuami. Jadi, dia sendirian dalam mencari nafkah. Terlebih lagi, jika kamu memberikan bantuan kepada janda miskin dengan banyak anak, tentu pahala yang akan kamu dapatkan lebih banyak. Bahkan, pahala yang bisa kamu dapatkan sangat besar. Pahala dalam hal ini diibaratkan seperti berjihat di jalan Allah. Kemudian juga, memberi bantuan ini juga diibaratkan seperti orang shalat malam yang pahalanya sangat luar biasa. Nah, jika ada janda miskin di sekelilingmu, kamu bisa memberikan sedekah bagi mereka karena dengan jalan ini kamu akan mendapatkan pahala yang sungguh luar biasa dari Allah SWT.
Sedekah dapat memisahkan diri dari neraka
“Bersedekahlah kamu sekalian, karena sesungguhnya sedekah itu pemisah dari neraka” – Nabi Muhammad SAW
Apabila kamu ingin selamat dunia akhirat terhindar dari api neraka, maka hal yang harus kamu lakukan ialah dengan melakukan sedekah. Allah SWT akan memberikan pahala yang luar biasa jumlahnya untuk orang yang senang bersedekah. Orang-orang yang rajin bersedekah akan diselamatkan oleh Allah SWT dari pedihnya siksa api neraka di akhirat kelak. Mulai dari sekarang, marilah rajin bersedekah karena suatu saat kita akan memanen hasilnya.
Dapatkan kebaikan dari melakukan sedekah
“Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan, sampai kalian infakkah apa yang kalian cintai” – (Q.S Ali Imran : 92)
Apabila kamu ingin mendapatkan kebaikan seperti yang telah dijanjikan oleh Allah SWT, maka lakukanlah sedekah karena hal ini merupakan jalan untuk mendapatkan hal-hal baik. Misalnya saja seseorang yang senang bersedekah akan mendapatkan kebaikan dalam hal dimudahkan segala urusannya, akan mendapatkan harta yang berlipat ganda, akan mendapatkan pahala yang berlimpah, dan dijauhkan dari siksa panas api neraka.
Lakukan sedekah dengan cara yang sederhana
Nabi bersabda: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu “ – HR. Bukhari
Jangan kamu pikir bahwa sedekah hanya melibatkan harta benda saja. Lebih dari itu, misalnya ketika kamu melihat ada batu atau duri di jalanan, kemudian kamu menyingkirkan benda tersebut, hal ini sudah termasuk sedekah bagimu. Hal ini karena perbuatan menyingkirkan benda-benda yang bisa membahayakan pengguna jalan sangat mulia. Bayangkan saja, jika banyak benda berbahaya di jalan kemudian tidak ada seseorang yang menyingkirkannya, tentu hal ini akan sangat membahayakan bagi
Senyum itu termasuk sedekah
“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah“ – HR At-Tirmidzi
Jika kamu ingin mendapatkan keutamaan dan pahala dari sedekah, kamu bisa melakukannya walaupun tidak memiliki harta. Caranya ialah dengan memberikan senyuman tulus dan ikhlas kepada orang lain. Ketika kita senyum ramah kepada orang lain, tentu mereka akan sangat senang. Membuat orang lain bahagia sudah mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT, bahkan diibaratkan seperti melakukan sedekah. Untuk itu, jadilah orang yang murah senyum kepada orang lain agar mendapatkan pahala yang melimpah.
Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan pada hari akhir
Nabi bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya” – HR Bukhari
Maksud dari bersedekah dengan menyembunyikannya dari tangan kiri ialah bersedekah secara diam-diam tanpa ada orang lain yang mengetahuinya. Dengan bersedekah secara diam-diam, seseorang akan terhindar dari riya’. Banyak orang yang melakukan sedekah namun tidak mendapatkan pahala sebab mereka menjadikannya sebagai ajang riya’. Tahukah kamu apa itu riya’? Riya’ adalah suatu sikap melakukan ibadah dengan niat supaya dipuji oleh orang lain. Jadi, niatan ibadahnya bukan karena mendapatkan ridho dari Allah SWT. Orang yang bersedekah karena riya’ tidak akan mendapatkan apa-apa dari Allah SWT. Untuk itu, supaya kamu mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT, bersedekahlah secara diam-diam supaya terhindari dari riya’ yang hanya akan merugikan diri sendiri sebab pada akhirnya ibadah yang dilakukan tidak akan mendapatkan apapun dari Allah SWT.
Sedekah bisa memadamkan panasnya alam kubur
Nabi SAW bersabda: “ Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya, “ – HR. At-Thabrani
Setelah meninggal dunia, seseorang akan berada di alam kubur. Kita akan mendapatkan siksa kubur jika semasa hidup di dunia selalu bermuat maksiat, begitu pun sebaliknya, kita akan terhindar dari panasnya siksa kubur jika semasa hidup di dunia melakukan hal-hal menurut perintahNya. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari panasnya api neraka yaitu dengan melakukan sedekah. Tak ada ruginya melakukan sedekah karena hal ini akan menjadi penolongmu kelak saat berada di alam kubur. Sedekahmu akan sebagai penolong dari panasnya siksa api.
Sedekah merupakan salah satu amal yang tidak putus sampai mati
Nabi SAW bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu : Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya.”
Sedekah merupakan perbuatan yang sangat istimewa. Hal ini karena hal ini termasuk perbuatan mulia yang tidak akan putus setelah meninggal dunia. Pahala yang didapatkan dari melakukan sedekah akan mengalir sepanjang masa. Hal ini sangat menguntungkan bagi umat manusia. Ketika mati, segala amal ibadah akan terputus kecuali tiga hal yang salah satunya ialah shodaqoh jariyah atau bersedekah. Semoga kita semua termasuk orang-orang beruntung sehingga mendapatkan hidayah dan inayah dari Allah SWT.
Sedekah dalam memanjangkan umur
Nabi SAW bersabda: “ Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” – (HR. Tabrani)
Menariknya dari sedekah ialah bisa memanjangkan umur? Hal ini karena dengan sedekah seseorang akan terhindar dari penyakit hati yang bisa mendatangkan berbagai penyakit. Penyakit parah bisa membuat seseorang meninggal dunia dalam umur yang masih muda. Dengan melakukan sedekah, hati dan pikiran akan menjadi bersih karena terhindar dari sifat sombong.
Sedekah dapat menambah harta kekayaan
“Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki. “ – QS. Saba ayat 39
Allah SWT akan mengganti setiap harta hambaNya yang digunakan untuk melakukan sedekah. Bersedekah bisa dilakukan kapan saja.  Bahkan tak harus menunggu ketika kamu berada pada posisi kelebihan harta. Justru, bersedekah ketika keadaan ekonomi sedang lemah bisa menjadi pembuka pintu rejeki. Banyak orang yang dalam keadaan miskin namun tak lupa untuk bersedekah. Ternyata harta yang dimiliki bukannya semakin berkurang namun justru semakin bertambah banyak. Inilah kekuasaan Allah SWT sebagaimana yang telah dijanjikanNya bahwa Dia akan menambah harta seseorang yang melakukan sedekah.
Sedekah dapat mengobat penyakit
“ Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah” – Nabi Muhammad SAW
Ketahuilah bahwa dengan bersedekah kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit hati. Hal ini karena hati akan menjadi bersih serta pikiran pun menjadi jernih. Atas izin Allah SWT, segala penyakit yang ada pada orang yang gemar bersedekah akan diangkat dan disembuhkan. Ini merupakan salah satu manfaat sedekah yang bisa kamu dapatkan. Selain mendapatkan banyak pahala, bersedekah juga bisa membuat kondisi tubuh menjadi sehat wal’afiat.
Membantu orang lain
“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan ) kesulitan orang lain” – HR. Ahmad
Apabila kamu ingin doa-doamua dikabulkan oleh Allah SWT, ada satu cara yang bisa kamu lakukan. Cara tersebut ialah dengan menolong orang lain. Cara menolong orang lain ada banyak. Misalnya saja dengan memberikan bantuan berupa materi, tenaga, waktu ataupun pikiran. Ketika kamu sudah menolong permasalahan orang lain, maka Allah SWT juga akan menolong permasalahan yang kamu hadapi.
Shadaqoh akan mendatangkan rezeki
“Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh” – HR. Al-Baihaqi
Untuk memperlancar rejeki, sebaiknya lakukan sedekah. Orang yang gemar bersedekah akan memiliki pintu rejeki yang lancar. Ini sesuai dengan apa yang telah menjadi ketentuan Allah SWT. Dia akan memberikan kelancaran rejeki bagi orang-orang yang gemar melakukan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Semakin sering melakukan sedekah, maka semakin lancar rejeki yang didapatkan.
Sedekah bisa menjadi penolak bala dan menyembuhkan penyakit
“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani
Sudah menjadi kewajiban setiap muslim untuk melakukan sedekah. Hal ini sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Jika kamu ingin terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka bentengilah hartamu dengan melakukan zakat. Zakat tersebut bisa membersihkan harta kita. Kekuatan sedekah memang begitu nyata. Harta akan menjadi berkah jika kita senantiasa tidak lupa melakukan sedekah.
Sedekah paling afdhol
“Sodaqoh paling afdhol ialah diberikan kepada keluargan dekat yang bersikap memusuhi. “ – HR. Ath-Thabrani dan Abu Dawud
Jika kamu bertanya kepada siapa sebaiknya memberikan sedekah, maka jawabannya ialah berikan sedekah kepada saudara yang bersikap memusuhimu. Di dunia ini, banyak ditemukan bahwa ada saudara yang memusuhi saudaranya sendiri. Jika kamu mendapati salah satu saudaramu bersikap seperti itu, berikah sedekah atau hadiah kepadanya. Dengan cara ini, permusuhan akan dihindarkan karena biasanya seseorang akan luluh dengan pemberikan harta benda.
Allah akan mempersulit pintu rejeki bagi mereka yang tidak bersedekah
“Tiada suatu kaum menolak mengeluarkan zalat melainkan Allah menimpa mereka dengan paceklik (kemarau panjang dan kegagalan panen).” – HR. Ath-Thabrani
Allah akan memberikan harta yang berlimpah bagi umatNya yang melakukan sedekah. Begitupun sebaliknya, pintu rejeki akan ditutup untuk umatNya yang tidak mau melakukan sedekah. Seseorang tidak akan menjadi miskin karena membelanjakan hartanya di jalan Allah dengan bersedekah. Jika kamu menjadi orang yang pelit harta, maka rejeki akan terasa sulit didapatkan. Ada-ada saja permasalahan yang kamu dapatkan entah itu dicoba musibah sakit, kehilangan harta benda dengan cara yang tak diduga-duga seperti dirampok, kebakaran dan lain sebagainya.
Demikianlah kata bijak mengenai sedekah atau memberi dari Al-Quran dan Hadist. Setelah mengetahui betapa besar manfaat sedekah, marilah kita sisihkan  sebagian harta kita untuk orang yang berhak mendapatkannya. Allah SWT akan menggantinya dengan nikmat yang luar biasa. Sebaliknya, akan ada siksa yang pedih bagi orang yang tidak mau melakukan sedekah. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang beriman.
(Ika Pratiwi) http://pertamakali.com/2016/12/nasehat-islam-mengenai-bersedekah-atau-memberi.html#comment-15520

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus



Alamat Panti Asuhan Daftar Panti Asuhan Panti Asuhan Panti Asuhan Jogja Panti Asuhan Yogyakarta Yatim Piatu Rumah Yatim Panti Asuhan Yatim Panti Asuhan Yatim Piatu Sedekah Manfaat Sedekah Panti Asuhan Bantul Tempat Sedekah Panti asuhan di Bantul Rejeki Sedekah Sedekah Penambah Rizki Sedekah Penolak Bencana Sedekah Penyembuh Sakit 20 Manfaat Sedekah ACT Arti Sedekah BRI Syariah Bantuan Kemanusiaan Bayar Hutang Dengan Sedekah Cara Bayar Hutang Daftar Panti Asuhan Jogja Daftar Panti Asuhan Yogyakarta Daftar Panti Asuhan di Bantul Daftar Panti Asuhan di Gunungkidul Daftar Panti Asuhan di Kulon Progo Yogyakarta Daftar Rekening Donasi Daftar Rekening Donasi Palu Daftar panti asuhan di jogja Dahsyatnya Sedekah Donasi Donggala Donasi Palu Jenis-jenis Sedekah Kata Motivasi Kata Mutiara Islami Keajaiban Sedekah Keutamaan Sedekah Melunasi Hutang Mer-C Panti Asuhan Gunungkidul Panti Asuhan Hafara Panti Asuhan Jogja Kota Panti Asuhan Kulonprogo Panti Asuhan Sleman Panti Asuhan Wonosari Panti Asuhan di Gunungkidul Panti Asuhan di Kulonprogo Panti Asuhan di Provinsi Yogyakarta Panti Asuhan di Sleman Panti Asuhan di Yogyakarta panti di Jogja Panti HAFARA Panti asuhan di jogja Panti di Bantul Pondok pesantren di Jogja Quote Sedekah Rekening Bantuan Rekening Donasi Gempa Palu Sedekah Ramadhan Sedekah Wikipedia Sedekah di Bulan Ramadhan Sedekah di Panti Asuhan Tempat Infaq di Jogja Tempat Penyaluran Sedekah Tempat Sedekah di Jogja Tempat Wakaf di Jogja Transcorp Transmedia Ulang Tahun di Panti Asuhan