Minggu, 19 Mei 2019

Panti HAFARA - Hadza Min Fadli Rabbi (Kemurahan Hati Tuhan)

Panti HAFARA atau kepanjangan dari Hadza Min Fadli Rabbi (Kemurahan Hati Tuhan) adalah Panti Layanan Terpadu yang memiliki ikhtiar untuk nguwongke wong (memanusiakan manusia) dengan ranah kerja pada pengentasan dan pemberdayaan sosial bagi adik-adik yatim-piatu, kurang mampu, dan adik-adik pasca-jalanan, saudara-saudara kita yang kurang beruntung yang terpaksa harus hidup sebagai dhuafa terlantar dan saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan (ODGJ) Panti Hafara juga berkomitmen mengabdikan diri di Jalan Allah untuk amemangun karyenak tyasing sasama (menyenangkan hati sesama manusia) dan telah siap dan ikhlas dengan seluruh beban serta tanggungjawab sosialnya berkomitmen membantu sesama melalui upaya penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah kepada saudara-saudara mustahiq…


PONDOK HAFARA

Pondok Hafara adalah Pondok Layanan Terpadu yang memiliki ikhtiar untuk nguwongke wong (memanusiakan manusia). Ranah kerja Hafara berada pada pengentasan dan pemberdayaan sosial bagi adik-adik yatim-piatu, kurang mampu, pasca-jalanan, saudara-saudara kita yang terpaksa harus hidup sebagai dhuafa terlantar, terkena penyakit kronis, dan saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan (ODGJ).
Kami yakin pondok adalah pilihan terakhir bilamana sudah tidak ada pilihan lain untuk menghadirkan kehangatan keluarga maupun kenyamanan di rumah sendiri. Kami menjamin pemenuhan kasih sayang; perlindungan serta kontrol sosial; hingga kesempatan untuk berkreasi dan mandiri sebagai keluarga.
Pertama, Pondok Anak Hafara merupakan tempat untuk adik-adik yatim-piatu, kurang mampu, dan adik-adik pasca-jalanan yang memiliki niat yang kuat untuk melanjutkan pendidikannya. Sistem pendidikan yang digunakan adalah pemondokan seperti pondok pesantren. Sistem pondok dapat memudahkan pemantauan perkembangan anak, melatih kemandirian, kedisiplinan serta kemampuan bersosialisasi. Hafara juga memiliki fasilitas berupa asrama, perpustakaan, dan pemberian beastudi untuk pendidikan formal (SPP, uang saku, buku, dan perlengkapan pendidikan lain) kepada adik-adik binaan pondok Hafara.
Kedua, Pondok Sosial Hafara yang diperuntukan kepada saudara-saudara kita dalam keadaan dhuafa (khususnya lansia terlantar), terkena sakit kronis, dan gangguan kejiwaan. Pondok Hafara siap menerima dan memfasilitasi mereka dengan sistem pemondokan, perawatan, dan pembinaan sosial. Sistem pemondokan, perawatan, dan pembinaan sosial diarahkan pada upaya produktif serta kreatif oleh pekerja-pekerja sosial dari Hafara. Khusus bagi saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan, bila telah sembuh Pondok Hafara akan berusaha melakukan pelacakan dan mengembalikan mereka ke tengah keluarganya.
Beberapa fasilitas yang diberikan dalam pondok sosial Hafara: asrama dan kamar isolasi, untuk mengamankan saudara-saudara dengan gangguan kejiwaan yang masih belum dapat berkomunikasi secara baik; perawatan rutin dan konsultasi psikologi; pengobatan, konsumsi, bimbingan keimanan, serta pelatihan usaha ekonomi produktif.
Selain warga binaan dalam pondok, Hafara juga memiliki warga binaan di luar pondok. Warga binaan di luar pondok merupakan warga binaan Pondok Hafara yang telah kembali ke keluarga. Mereka melewati penilaian rutin tiap minggu oleh relawan Hafara
Pondok Hafara siap menshadaqahkan waktu untuk melaksanakan kerja-kerja sosial kemasyarakatan. Anda dapat mengakses layanan siaga kami di 0813-9232-5553
Beberapa kegiatan kami diantaranya adalah:
Pertama, Pendampingan kesehatan: warga masyarakat yang mengalami sakit dan dalam kondisi mendesak membutuhkan transportasi atau pendampingan kesehatan, Pondok Hafara menyediakan ambulan gratis tanpa pungutan apapun baik ambulannya maupun pendamping kesehatannya.
Kedua,Penjangkauan Sosial: kepada warga masyarakat yang tidak sengaja melihat atau berpapasan dengan saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan dan hidup terlantar, kami siap menampung.
Selain sebagai pondok terpadu, Pondok Hafara juga berkomitmen mengabdikan diri di jalan Allah untuk amemangun karyenak tyasing sasama (menyenangkan hati sesama manusia), dan telah siap dan ikhlas dengan seluruh beban serta tanggungjawab sosialnya. Hafara berkomitmen membantu sesama melalui upaya penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah kepada saudara-saudara mustahiq, dalam bentuk:
Bidang Kesehatan: Donasi dari para hamba Allah yang telah memberikan amanah dan kepercayaannya kepada Pondok Hafara akan kami sumbangan kepada dhuafa sedang diuji dengan sakit.
Bidang Pendidikan: Donasi dari para hamba Allah yang telah memberikan amanah dan kepercayaannya kepada Pondok Hafara akan kami sumbangkan pada anak-anak yatim-piatu, dhuafa dan anak jalanan yang memiliki niat untuk melanjutkan pendidikannya namun terkendala bea sekolah atau mengalami tunggakan sekolah.
Pemakaman Jenazah Terlantar: Donasi dari para hamba Allah yang telah memberikan amanah dan kepercayaannya kepada Pondok Hafara akan kami (Pondok Hafara) gunakan untuk merawat dan mengurus pemakaman jenazah terlantar.
Dalam menjalankan amanah pengabdian di Jalan Allah, kami tidak akan bisa menjalankan kerja-kerja sosial ini sendirian. Hafara sangat terbantu dengan adanya rekan-rekan yang rela meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu kami dalam upaya mencari muka di hadapan Tuhan. Beberapa komunitas yang rutin berjejaring dan bersinergi dengan kesamaan kegiatan adalah; rekan-rekan Sedekah Rombongan, Majelis Dhuha, Komunitas Taabah, Dipo Ratna Muda, Pondok Penyantun Anak (PPA) Muslimin, jaringan Pondok Anak Se-Jogja, Dinas Sosial Provinsi DIY, Dinas Sosial Kab. Bantul, Sanggar Anak Alam, dan rekan-rekan lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Semoga Allah selalu senantiasa merahmati perjuangan kita.
Aamiin YRA.
SEJARAH SINGKAT

Panti Hafara berdiri tanggal 17 November 2005 dan berlokasi di Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Berawal dari sebuah rumah singgah yang memiliki tujuan untuk memberdayakan anak-anak jalanan dan terlantar, serta saudara-saudara kita yang hidup dalam keadaan Dhuafa agar meninggalkan jalanan juga mampu melanjutkan hidup bahkan meraih penghidupan yang lebih baik.
Pondok Hafara awalnya berupa rumah singgah yang dibangun di atas bangunan sitaan Bank. Hafara kemudian mendapatkan limpahan amanah dan tanggung jawab dari Allah dan dipertemukan dengan banyak orang dan lingkungan yang baik sehingga mampu membangun Pondok Terpadu Hafara. Pondok Terpadu Hafara berlokasi di Tanah Pelungguh Kas Desa bertempat di Dusun Brajan RT 08, Tamantirto, Kasihan Bantul. Alhamdulillah pada bulan Februari 2017, Pondok Hafara akan hijrah menuju bangunan pondok permanen di tanah atas nama kepemilikan sendiri yang berlokasi di Desa Blawong, Imogiri, Bantul.
VISI

Nguwongke Wong yang memiliki arti “Memanusiakan Manusia” dalam Bahasa Indonesia.
MISI

Migunani Tumraping Liyan atau dalam Bahasa Indonesia yang berarti “Berguna Bagi Sesama”.
TUJUAN

Amemangun karynak Tyasing sasama atau dalam bahasa Indonesia berarti berbuat baik menyamankan hati sesama manusia.a

ALAMAT PANTI ASUHAN HAFARA
Trimulyo Jetis Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

EMAIL
hafarajogja@yahoo.com

TELEPON
081 392 325 553http://pantiasuhanjogja.blogspot.com



x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Alamat Panti Asuhan Daftar Panti Asuhan Panti Asuhan Panti Asuhan Jogja Panti Asuhan Yogyakarta Yatim Piatu Rumah Yatim Panti Asuhan Yatim Panti Asuhan Yatim Piatu Sedekah Manfaat Sedekah Panti Asuhan Bantul Tempat Sedekah Panti asuhan di Bantul Rejeki Sedekah Sedekah Penambah Rizki Sedekah Penolak Bencana Sedekah Penyembuh Sakit 20 Manfaat Sedekah ACT Arti Sedekah BRI Syariah Bantuan Kemanusiaan Bayar Hutang Dengan Sedekah Cara Bayar Hutang Daftar Panti Asuhan Jogja Daftar Panti Asuhan Yogyakarta Daftar Panti Asuhan di Bantul Daftar Panti Asuhan di Gunungkidul Daftar Panti Asuhan di Kulon Progo Yogyakarta Daftar Rekening Donasi Daftar Rekening Donasi Palu Daftar panti asuhan di jogja Dahsyatnya Sedekah Donasi Donggala Donasi Palu Jenis-jenis Sedekah Kata Motivasi Kata Mutiara Islami Keajaiban Sedekah Keutamaan Sedekah Melunasi Hutang Mer-C Panti Asuhan Gunungkidul Panti Asuhan Hafara Panti Asuhan Jogja Kota Panti Asuhan Kulonprogo Panti Asuhan Sleman Panti Asuhan Wonosari Panti Asuhan di Gunungkidul Panti Asuhan di Kulonprogo Panti Asuhan di Provinsi Yogyakarta Panti Asuhan di Sleman Panti Asuhan di Yogyakarta panti di Jogja Panti HAFARA Panti asuhan di jogja Panti di Bantul Pondok pesantren di Jogja Quote Sedekah Rekening Bantuan Rekening Donasi Gempa Palu Sedekah Ramadhan Sedekah Wikipedia Sedekah di Bulan Ramadhan Sedekah di Panti Asuhan Tempat Infaq di Jogja Tempat Penyaluran Sedekah Tempat Sedekah di Jogja Tempat Wakaf di Jogja Transcorp Transmedia Ulang Tahun di Panti Asuhan